Home » » Dr.Mardianto,M.Pd Silabus Psikologi Pendidikan PBI

Dr.Mardianto,M.Pd Silabus Psikologi Pendidikan PBI




PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Semester Ganjil, 2016/2017


Dosen              : Dr.Mardianto, M.Pd
Telepon           : 0813 76343706
e-mail              : mardianto@uinsu.ac.id
blog                 : mardiantompd.com
Konsultasi        : Selasa.14.00-15.30 (atau dengan janji terlebih dahulu)

Deskrispi Materi Perkuliahan
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan ruang lingkup psikologi pendidikan, peran psikologi pendidikan dalam pembelajaran, teori teori belajar, pertumbuhan dan perkembangan anak, pembawaan dan lingkungan, ciri cici kematangan dan inteligensi, tipe tipe kesulitan belajar.

Kompetensi Dasar Mata Kuliah
Mata kuliah ini ditujukan untuk membekali para mahasiswa agar dapat mengembangkan makna psikologi pendidikan dalam pembelajaran serta dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di dalam dan di luar kelas

Display Kegiatan
Minggu ke
Topik Inti
Kegiatan
Sumber
1
Pengantar Psikologi Pendidikan sebagai disiplin ilmu
C,D
A
2
Gejala pertumbuhan dan perkembangan
C,D
A,B
3
Belajar dan pembelajaran
C,D
A,B
4
Belajar dan Faktor Faktor yg Mempengaruhinya


5
Teori teori belajar
C,D
A,B
6
Kemampuan dan intelligence
D,RP
A,B
7
Kecerdasan jamak                                  
D,RP
A,B
8
Dimensi kreativitas dalam psiko.pendidikan
D,RP
A,B
9
Peran motivasi dalam belajar
D,Dem
A.B
10
Masalah kesulitan belajar
D,Vcd
B,C
11
Kecakapan belajar Bahasa
D,Vcd
B,C
12
Riset pembelajaran Bahasa Inggeris 1
R
-
13
Riset pembelajaran Bahasa Inggeris 2
R

14
Seminar hasil penelitian
S
C
15
Seminar hasil penelitian
S
-
16
Review pembelajaran Bahasa Inggeris
D
B
17
Ujian Final

Ket:      C=ceramah                 R=riset                        S=seminar
D=diskusi                    RP=roolplay                Vcd=nonton vcd
            Dem=demonstrasi

Tugas
1.    Untuk kajian teoritis mahasiswa diberi tugas menelaah beberapa literatur yang berkenaan dengan topik inti pada saat pembahasan berlangsung, kemudian mempresentasekannya didepan kelas. Sebagai panduan, maka buku ajar menjadi buku wajib bagi mahasiswa di setiap pertemuan.
2.    Pada topik topik pilihan mahasiswa ditugaskan melakukan penelitian mini ke lapangan, hasilnya diseminarkan di kelas kemudian dijadikan model yang ditemukan sendiri oleh mahasiswa tentang perkembangan jiwa beragama anak dalam pembelajaran bahasa.

Sumber Bacaan Utama
A.  Mardianto, Psikologi Pendidikan, Bandung, Cita Pustaka, 2016
B.  Mardianto, Bahan Ajar Psikologi Pendidikan, Medan, FT.IAIN Sumatera Utara, 2009 (CD.room)
C.  Sumadi Suryabrata,Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 2007.

Penilaian
1.    Partisipasi di kelas dan pengerjaan tugas       = 20 %
2.    Makalah telaah kritis                                       = 20 %
3.    Riset Mini                                                        = 40 %
4.    Ujian final                                                        = 20 %

Medan, 2 Agustus 2016
Dosen,

Mardianto




















0 komentar:

Posting Komentar